Module Pemrosesan Transaksi pada Sistem Informasi Akuntansi part1

Module Pemrosesan Transaksi pada Sistem Informasi Akuntansi
Transaksi keuangan adalah peristiwa ekonomi yang mempengaruhi aktiva dan ekuitas dari perusahaan, direfleksikan dalam akun-akunnya, dan diukur dalam satuan mata uang.Misalnya: penjualan barang dan jasa, pembelian persediaan, pembebanan kewajiban keuangandan penerimaan kas dari pelanggan, bias berupa peristiwa internal yaitu: penyusutan aktiva tetap , aplikasi tenaga kerja, bahan baku dan lain-lain.
Record/catatan akuntansi
Sistem manual;
Record atau catatan yang digunakan dalam sistem manual yaitu; dokumen jurnal dan buku besar.
1.Dokumen, menyediakan bukti dariperistiwa ekonomi dan digunakan untuk memulaipemprosesan transaksi. Jenis dokumen terdiri dari:
> Dokumen sumber. Peristiwa-peristiwa ekonomi menimbulkan dokumen-dokumen yang diciptakan pada awal transaksi. Dokumen sumber digunakan untuk menangkap dan memformulasi data transaksi yang diperlukan untuk memproses siklus transaksi. Misalnya: dapat dilihat pada gambar berikut ini.

> Dokumen produk adalah hasil transaksi pemprosesan, bukan dokumen yang menyebabkan dilakukannya proses. Contoh tagihan pelanggan.
> Dokumen turnaround

Dokumen ini merupakan produk dari satu sistemyang menjadi dokumen sumber dari sistem lainnya. Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa pelanggan menerima dua salinan tagihan atau laporan.bagian atas dokumen merupakan tagiahan actual dan bagian bawah adalah surat pengiriman uang.
Ketika pelanggan melakukan pembayaran, mereka memindahkan surat pengiriman uang dan mengembalikan keperusahaan bersama dengan ceknya.dokumen ini membantu dalam sistem penerimaan kas.

Jurnal merupakan catatan kronologis, dokumen merupakan sumber dari pencatatan jurnal.setiap transaksi memerlukan ayat jurnal yang terpisah, mencerminkan akun-akun yang dipengaruhi dan jumlah yang akan didebit dan dikredit. Jurnal menyimpan catatan transaksi yang diproses oleh organisasi secara lengkap .

Buku besar adalah sebuah buku akun-akun keuangan, yang mencerminkan efek-efek keuangan dari transaksi perusahaan setelah diposkan keberbagai jurnal. Sebuah buku besar menunjukkan efek kronologis dari kegiatan bisnis, buku besar menunjukkan kegiatan perjenis akun.Terdapat dua jenis buku besar yaitu:
Buku besar umum/general ledger, buku besar ini merangkumkegiatan setiap akun perusahaan atau organisasi. Dan buku besar pembantu, subsidiary ledger.
Record-recod akuntansi yang disebutkan sebelumnya menjadi jejak audit menelusuri transaksi dari dokumen sumber kelaporan keuangan.

1 comments:

Posting Komentar

Orang yang baik adalah orang yang berkomentar yang membangun.